Beberapa persiapan yang harus dilakukan saat akan pergi berlibur (Edisi : Liburan yang cukup lama di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Libur kuliah merupakan sesuatu hal yang sangat dinantikan bagi sebagian mahasiswa/i, kenapa saya sebut “sebagian”? karena banyak juga diantara mahasiswa/i yang ingin tetap kuliah agar mendapat uang jajan kuliah, HAHA

Ya begitulah katanya.

Sebagian mahasiswa/i yang telah mengenyam pendidikan selama 6 bulan atau 1 semester memerlukan waktu untuk bersantai ria agar tidak terlalu stres dengan kegiatan belajar yang dilakoni hampir setiap harinya. Bagi seorang mahasiswi seperti saya, dengan adanya masa libur kuliah maka saya dapat mengistirahatkan otak saya untuk sementara waktu agar tidak terlalu terfokus pada pembelajaran akan segala hal yang menyangkut jurusan kuliah saya and that’s not mean, ketika liburan saya tidak sama sekali belajar tetapi saya menggunakan waktu liburan semester saya dengan suasana pembelajaran yang berbeda dari kegiatan belajar dikampus dan tidak hanya tentang hal yang menyangkut pada jurusan kuliah saya saja yang bisa dipelajari namun juga hal-hal lainnya yang bisa saya dapatkan dan tentunya dipelajari dari masa liburan.

Well, liburan semester kali ini, saya seorang pemudi berusia 21years old yang berdomisili di Jambi merencanakan untuk pergi berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta.  I was there 3 times, and it was fun! ini akan jadi kunjungan yang keempat buat saya. Ketika ditanya teman “kamu kenapa ke Yogyakarta mulu sih? Kan udah pernah! Kesitu mulu! Kan banyak tempat lain yang bisa jadi tempat kamu berlibur” saya hanya akan menjawab “saya suka Yogyakarta, bagi saya Yogyakarta merupakan kota yang ‘manis’, kota yang akan paling sering saya kunjungi, bukan hanya karena saya menyukai jenis makanannya, tempat wisatanya, budayanya, tapi saya merasa nyaman saja berada di Yogyakarta”.

Okay, let’s move on to the main part of the title, seperti yang dilakukan kebanyakan orang, berlibur memerlukan berbagai persiapan termasuk packing pakaian dan barang-barang apa saja yang akan dibawa ketika akan berlibur. Tulisan yang anda baca saat ini akan membahas tentang persiapan apa saja untuk melancarkan perjalanan liburan saya yang agak sedikit lebih lama dari liburan biasanya, let’s check this out!

1.   Knowledges
Ilmu pengetahuan, ya... ilmu pengetahuan dianggap sangat penting oleh saya ketika akan berpergian, saya harus mengetahui banyak hal tentang tempat yang akan saya kunjungi tersebut. Knowledges bisa didapat dari surfing on the internet, menelusuri semua website maupun blog tentang segala hal yang diperlukan untuk liburan yang anda pilih, apakah itu liburan ala backpacker ataupun liburan ala bussiness man/woman, atau apalah namanya terserah anda menamakannya. Mencari referensi tempat wisata yang best recommendations dari para travellers sebelum anda, mencari tahu tentang biaya perjalanan yang akan anda tempuh nantinya, mencari tempat untuk stay sesuai selera anda seperti hotel/hostel/bungalows atau sekedar penginapan atau rumah singgah biasa yang murah meriah, mempelajari bahasa, budaya, tata krama di daerah yang akan kunjungi, dan lain sebagainya.

2.   Money
Setelah mendapatkan berbagai macam informasi tentang holiday anda, hal berikutnya adalah sesi perhitungan uang. Uang merupakan hal utama yang paling penting ketika merencanakan suatu perjalanan. Bukan hanya untuk biaya transportasi saja tetapi uang juga diperhitungkan untuk kelancaran diri dalam perjalanan misalnya yaitu untuk makan, minum, membeli buahtangan/oleh-oleh, or just sekedar memakai suatu jasa seperti tourist guide untuk suatu tempat wisata yang ingin anda ketahui sejarahnya serta untuk keperluan tak terduga lainnya. Jadi disarankan buat saving some enough money or much more money before you go on a vacation! *eyeblink*

3.   Health
Melakukan perjalanan liburan memerlukan fisik yang kuat, tenaga yang stabil membuat liburan anda kian terasa nikmat karena semua hal yang anda rencanakan akan terlaksana dengan baik,  activities pada liburan nanti akan menguras semua tenaga anda, jadi pastikan dengan baik bahwa fisik anda kuat untuk melakukan rencana yang telah anda susun sedemikian rupa. Kesehatan mental pun termasuk salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, karena mungkin saja anda akan mengalami suatu hal yang tidak direncanakan, misalnya bertemu dengan teman lama kemudian dia mengajak outbound or flying fox bareng di suatu taman wisata, nah... jika anda tidak siap mental maka anda pasti akan merasakan perasaan takut yang menyelimuti diri anda padahal anda sudah pernah bermain permainan tersebut sebelumnya, atau kejadian lainnya seperti terkejut oleh binatang disuatu tempat anda berlibur, atau uang anda hilang di copet, karena kita sesungguhnya tidak tahu hal apa yang akan terjadi selama perjalanan liburan kita.
Untuk saya sendiri menjaga kesehatan berarti menjaga menjaga tubuh saya terlihat selalu fit and hot, haha... cukup dengan jogging 3o minutes every afternoon or evening and  beberapa gerakan senam serta nge-dance ria ala girl band and boy band Korea ataupun lagu dance hiphop Amerika selama 90 minutes, voila! you’re fit ‘n hot enough!  ^_^


4.   Packing clothes and things
Setelah beberapa numbers diatas, maka akhirnya sampai juga pada sesi packing my things, i’ll bring some casual clothes, my make up kinda things, toiletries, handuk juga, of course! Kemudian some jewelries, sepasang sepatu dan beberapa pasang kaos kaki, and a camera/just standart handphone with a camera atau zaman sekarang kan sudah canggih, biasanya cukup dengan membawa satu smartphone saja sudah mewakili laptop untuk browsing di internet dan untuk menjadi sebuah camera that can takes your pictures selama liburan anda. Saat mem-packing pakaian, saya sarankan anda untuk menggulung pakaian anda demi menghemat tempat di tas atau koper anda dan lebih baik membawa pakaian yang berbahan tidak mudah kusut, atau anda bisa membawa setrikaan ataupun juga bisa menyusun pakaian seperti dilemari anda dengan rapi agar tidak kusut setelah disetrika, tapi itu membutuhkan banyak ruang di koper/tas anda, dan kemudian itu depends on you again bagaimana maunya anda menyusun barang-barang yang akan anda bawa. Kalau saya lebih suka menyusun dengan rapi karena jika sedang liburan saya malas bekerja lebih yaitu misal dengan saya menggulung pakaian saya maka pakaian saya akan kusut sesampainya saya ditempat liburan dan harus menyetrika kembali, so it’s gonna wasting my precious times, yang harusnya saya habiskan untuk holiday. But, if you have much more money, kamu bisa me-laundry pakaianmu di tempat laundry terdekat dimana kamu menginap, dan juga jangan lupa memperhitungkan berapa lama pakaianmu di laundry, apakah kamu masih di daerah tesebut atau sudah move on to other places.

5.   Prays
Doa, berdoa merupakan suatu hal yang esensial bagi yang merasa itu adalah sesuatu yang penting bagi dirinya, jadi berdoa ini bisa dilakukan sebelum anda melakukan perjalanan dan di dalam perjalanan pun bisa dilakukannya kegiatan berdoa, kembali lagi pada diri anda masing-masing dan kepercayaan apa yang anda anut. It depends on you tho’!  ^_*

Sebuah tulisan seperti ini mungkin dapat membantu para pembaca untuk merencanakan suatu liburan, jadi mari berlibur! Tak perlu menunggu banyak uang untuk berlibur asal anda bisa pintar-pinter! Hehe
Let’s travel the world mulai dari travelling di daerah sekitar provinsi kita! Siapa tahu bisa jalan-jalan keluar negeri, who knows?!

(PS : maaf kalau postingan saya sangat biasa, NEWBIE Traveller/ Holidaymaker soalnya, HEHE)

Comments

Popular posts from this blog

Hari AIDS Sedunia

Review kamera Samsung Galaxy J7

Kenapa daku bisa jadi atlit?